LPBI NU Gandeng Yayasan Unilever Kampanye Sekolah Aman Bencana

Jakarta, <em><strong>NU Online</strong></em><br /> <em>Community Based Disaster Risk Management-</em> NU (CBDRM NU), program penanganan bencana berbasis komunitas selama tiga tahun ini telah melaksanakan program Pengurangan Resiko Bencana (PRB) untuk anak-anak sekolah di 3 (tiga) wilayah <em>pilot project, </em>yaitu di Jakarta Barat, Magelang, dan Jember.<br /> <br /> Salah satu metode yang digunakan untuk sosialisasi pengurangan resiko bencana bagi anak-anak adalah melalui ekspresi seni menggambar dan mewarnai. Metode ini merupakan sarana yang efektif dalam upaya penyadaran tentang pelestarian lingkungan dan bencana alam. Anak-anak lebih mudah memahami pesan-pesan PRB melalui wadah kreatifitas seni sesuai sesuai kapasitas yang dimiliki.<><br /> &nbsp;<br /> Belajar dari pengalaman tersebut, untuk pertama kalinya LPBI NU (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim), yang merupakan format baru dari CBDRMNU menggandeng Yayasan Unilever untuk menyalurkan dana CSR <em>(Corporate Social Responsibility) </em>PT Unilever dengan mengadakan kegiatan lomba menggambar bertema sekolah aman bencana.<br /> <br /> Kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juli di gedung YKTI Jak-sel ini merupakan salah satu event pendukung kampanye satu juta sekolah dan rumah sakit yang aman terhadap bencana. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan kepedulian anak-anak usia taman kanak- kanak dan sekolah dasar terhadap pengurangan risiko bencana dan&nbsp; pelestarian lingkungan. <br /> <br /> Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari 50 anak Taman Kanak-kanak (TK) dan 50 siswa SD se-DKI Jakarta. Untuk tingkat TK bentuk lombanya adalah mewarnai dari sketsa gambar yang telah disiapkan oleh panitia. Sedang untuk tingkat SD, menggambar di kertas sketsa yang telah disiapkan. <br /> <br /> Tiga gambar terbaik dari Lomba Menggambar dan Mewarnai kategori kelompok A-B, akan dibingkai dan diberikan ke restaurant fast food yang sering dikunjungi anak-anak dan sekolah terpilih. Semua hasil lomba yang akan menjadi milik panitia penyelenggara akan di scan dan disosialisasikan melalui media website Unilever dan website LPBI NU dan media cetak. (mad)

Nasional LAINNYA