Jakarta, <em><strong>NU Online</strong></em><br />
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi mutlak ketika madrasah dan sekolah yang dikelola oleh Maarif NU ingin bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya. Salah satu indikator kualitas pendidikan yang dimiliki sekolah adalah akreditasi.<br />
<br />
Maarif NU kini berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolahnya dengan meningkatkan akreditasi. “Jika sebelumnya belum mendapat akreditasi, jadi dapat. Jika sebelumnya akreditasinya C menjadi B, dan jika akreditasinya sudah B, kita tingkatkan menjadi A,” kata Sekretaris PP Maarif NU Dr Mamat Burhanuddin, Selasa (25/1).<><br />
<br />
Upaya peningkatan kualitas ini menggandeng Learning Assistance Program for Islamic Schools (LAPIS), yang merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam upaya peningkatan kualitas madrasah di Indonesia.<br />
<br />
Saat ini terdapat perubahan sistem akreditasi. Jika sebelumnya akreditasi madrasah dilakukan oleh Dewan Akreditasi Madrasah (DAM), kini dikelola oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah-Madrasah (SM). Dengan demikian, jika nilai akreditasinya sama, maka kualitas pendidikan antara madrasah dan sekolah umum akan sama.<br />
<br />
Mamat menjelaskan, sekolah yang akan menjadi sasaran peningkatan kualitas akreditasi akan mendapat berbagai bantuan berupa pelatihan manajemen, peningkatan kompetensi, pendampingan dalam penyusunan materi kurikulum dan proses pengajaran dan lainnya. <br />
<br />
“Bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk sarana dan prasarana, tetapi pada program yang sifatnya <em>software,</em> bukan<em> hardwarenya</em>,” terangnya. <br />
<br />
Maarif NU menargetkan tahun 2011 ini mampu meningkatkan akreditasi pada 400 madrasah. “Jika kualitas madrasahnya meningkat, maka daya saingnya di masyarakat juga semakin meningkat,” terangnya.<br />
<br />
Ditambahkannya, madrasah yang bermutu nantinya juga akan mendapat banyak bantuan dari pemerintah atau fihak lainnya, karena telah terbukti mampu menyelenggarakan pendidikan dengan baik. <br />
<br />
“Makanya, kalau ingin madrasahnya memiliki mutu yang baik dan diakui, ya harus diakreditasi dan mendapatkan akreditasi yang baik,” tegasnya. <br />
<br />
Dengan akreditasi yang baik, madrasah memiliki nilai tambah dibandingkan dengan sekolah umum, karena didalamnya diajarkan materi-materi keagamaan yang lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. (mkf)
